Tuesday, October 19, 2010

Suasana Kelas, Pembelajaran Monoton?


Seorang anak berteriak, "Bu, boleh mengerjakan di luar?" "Boleh saja, asal serius" kata seorang guru. Pertanyaan yang perlu diajukan adalah apakah anak mulai bosan dengan pembelajaran di dalam kelas? Apakah mereka mulai penat dengan suasana kelas? Apakah proses belajar mengajar harus selalu dilakukan di dalam kelas?
Frame bahwa pembelajaran formal harus diadakan di dalam kelas merupakan hal yang sering terjadi di kalangan guru. Pembelajaran terasa formal dan tertata. Tapi kadang, ada juga kelas yang sangat ramai dan sulit untuk di atur. Mungkinkah jika murid memerlukan suasana baru dalam pembelajaran?
Kegiatan pembelajaran di luar kelas bukan merupakan hal baru bagi SD Kanisius Sengkan. Para guru mencoba untuk menampilkan suasana baru. Walaupun luar kelas masih mempunyai image bebas (karena merupakan tempat bermain) tetapi juga merupakan tempat dimana murid bisa belajar dengan menyenangkan. Namun demikian, peraturan sebelum kita mengadakan pembelajaran di luar kelas juga harus diperhatikan. Kita harus mempunyai kesepakatan dengan kelas bahwa pembelajaran akan dilaksanakan di luar kelas dengan catatan bahwa murid akan tertib dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Suasana yang mendukung dan kebebasan ruang pandang bagi siswa menjadi hal yang merefresh kepenatan belajar siswa di dalam kelas. Sudah pernahkah anda mencoba belajar bersama dengan murid anda di luar kelas?

No comments:

Post a Comment